Pengertian OUTPUT Pada Komputer


A.        Pengertian Output

   Output device merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan data yang bisa dilihat, didengar, ataupun dipahami. Output device bisa menghasilkan suara, gambar, video maupun teks, tergantung dengan jenis perangkat outputnya. Fungsi dari output adalah menerima olahan data dari mikroprocessor CPU komputer berupa tulisan, suara, gambar dan lainya.
Contoh-Contoh Output
1.       Monitor

Monitor yang juga disebut video display terminal (VDT) mengeluarkan signal elektronik dan memiliki tampilan visual dari data yang diproses, dimana pengguna melihat gambar yang tampil di layar monitor. Sebab itu monitor juga termasuk salah satu jenis softcopy device

 Jenis Jenis Monitor :
a.        Cathode Ray Tube (CRT) 

CRT merupakan teknologi display yang dominan. CRT bekerja dengan melewatkan aliran electron dari alat semacam electron gun, difokuskan, dan diarahkan ke medan magnet. 

b.        Liquid Crystal Display (LCD)

LCD dikenal sebagain monitor flat atau latar datar dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan. 

c.        Panel Display Plasma (PDP)

PDP adalah jenis panel datar umum dengan penampilan yang besar sekitar 80 cm atau lebih. Banyak sel kecil di antara dua panel kaca mengadakan campuran gas mulia.

2.       Printer
Printer merupakan sebuah alat keluaran yang menghasilkan suatu gambaran data tetap berupa cetakan. Printer adalah jenis hardcopy device, karena keluaran hasil proses dicetak diatas kertas.Terdapat bermacam-macam jenis printer dengan kecepatan, kualitas, model dan sistem pencetakan yang berbeda-beda.
a.     Line Printer

Line Printer merupakan printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainfram komputer.

b.    Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah.Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
  
c.     Inkjet Printer 

Inkjet Printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. 

d.    Laser Printer
Sebagian dari laser printer memiliki sistem yang hampir sama dan bentuk yang mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.

e.    Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus berguna untuk menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. 

f.     Inkjet Plotter
Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari berbagai warna yang kemudian menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum.

g.    Printer digital 

Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal. 
  
3.       Speaker

Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Alat ini berfungsi untuk mengubah sinyal elektrik menjadi suara. Cara kerja speaker umumnya dengan menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.


4.       Headphone

Headphone berfungsi sama seperti speaker yaitu mengeluarkan suara namun dalam kapasitas lebih kecil. Di bandingkan dengan speaker. 
  
5.       Proyektor dan Infocus

Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran sinyal-sinyal gambar yang dipancarkan. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Ram

Pengertian K3LH Secara Umum Dan Tujuannya Berserta Pasal K3LH